Aspek dan Faktor yang
Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
1) Pertumbuhan
fisik
Pertumbuhan
fisik manusia merupakan proses perubahan menjadi lebih besar dan lebih panjang
yang terjadi sejak anak sebelum lahir hingga dewasa
2) Perkembangan
Intelektual
Intelektual
merupakan kata lain dari pkir: berkembang sejalan dengan perkembangan syaraf
otak, maka kemampuan intelektual yang lazim disebut dengan istilah lain
kemampuan berpikir dipengaruhi oleh kematangan otak yang mampu menunjukkan
fungsinya secara baik. Perkembangan lebih lanjut akan ditunjukkan pada
perilakunya untuk menolak dan memilih sesuatu. Fungsi ini terus berkembang
mengikuti kekayaan pengetahuannya tentang dunia luar dan kekayaan didalamnya,
sehingga pada saatnya seorang berkemampuan untuk melakukan sesuatu.
Perkembangan ini juga dikenal dengan nama perkembangan kognitif.
3) Emosi
Emosi dan
perasaan merupakan salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh manusia dalam
hidupnya atau dalam pertumbuhannya dan perkembangan manusia, banyak hal yang
dibutuhkannya. Merupakan hal yang wajar bagi setiap individu jika ada
kebutuhannya yang tidak terpenuhi, terutama kebutuhan primer, maka ia akan
merasa kecewa dan sebaliknya, jika kebutuhannya terpenuhi, maka ia akan merasa
senang dan puas. Hal inilah yang dimaksud dengan emosi manusia yang mengandung
unsur senang dan tidak senang.
4) Sosial
Manusia
merupakan makhluk sosial yang dalam keadaannya tentu tidak dapat hidup sendiri
melainkan butuh bantuan dari manusia lain, oleh karena itu mulai dari seorang
bayi menjadi seorang anak hingga menjadi orang dewasa, akan bertahap mengenal
lingkungan yang lebih luas dan akan mengenal banyak manusia dan amat heterogenm
namun umumnya setiap anak akan lebih tertarik bergaul dengan teman sebayanya
yang sama jenis.
5) Bahasa
Bahasa sebagai
alat komunikasi juga dapat diartikan sebagai tanda, gerakan, dan suara untuk
menyampaikan isi pikiran kepada orang lain, drngan demikian dalam berbahasa ada
dua pihak yang telibat, yaitu pihak penyampai dan pihak penerima. Dalam
percakapan atau dalam berdialog, pihak-pihak itu saling bergantian fungsinya.
6) Bakat
khusus
Bakat merupakan
kemampuan tertentu yang dimiliki oleh seorang individu yang hanya dengan
rangsangan atau latihan, kemampuan itu akan dapat berkembang dengan baik.
Sesorang yang memiliki bakat akan cepat dapat diamati, sebab kemampuan yang
dimilki akan berkembang dengan pesat dan menonjol. Bakat khusus merupakan salah
satu kemampuan untuk bidang tertentu, seperti dalam bidang seni, olahraga, dan
keterampilan.
7) Sikap,
Nilai dan Moral
Bloom (Woolfolk
dan Nicolich, 1984) mengemukakan bahwa tujuan akhir dari proses belajar
dikelompokkan menjadi tiga sasaran, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.
Menurut Piaget, pada awalnya pengenalan nilai dan perilaku serta tindakan itu
masih bersifat “paksaan”, dan belum mengetahui maknanya. Akan tetapi, seiring
dengan perkembangan inteleknya, berangsur-angsur anak mulai mengikuti berbagai
ketentuan yang berlaku didalam keluarga dan semakin lama semakin luas sampai dengan
ketentuan yang berlaku didalam masyarakat dan negara.
Semoga
bermanfaat J
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar