Perkembangan anak
mengacu pada perubahan
biologis, psikologis dan emosional yang terjadi pada manusia antara
kelahiran dan akhir masa remaja, sebagai individu berlangsung
dari ketergantungan untuk meningkatkan otonomi. Ini adalah proses
yang berkesinambungan dengan urutan diprediksi belum memiliki kursus yang unik
untuk setiap anak. Itu tidak berkembang pada tingkat yang sama dan setiap
tahap dipengaruhi oleh jenis sebelumnya perkembangan. Karena
perubahan-perubahan perkembangan dapat sangat dipengaruhi oleh faktor genetik
dan acara selama hidup prenatal, genetika dan perkembangan janin biasanya
dimasukkan sebagai bagian dari studi perkembangan anak. Istilah terkait
termasuk psikologi perkembangan, mengacu pada perkembangan di seluruh
umur, dan pediatri, cabang kedokteran yang berhubungan dengan perawatan
anak-anak. Perubahan perkembangan dapat terjadi sebagai akibat dari proses
genetik yang dikendalikan dikenal sebagai pematangan, atau sebagai
akibat dari faktor lingkungan dan belajar, tetapi paling sering melibatkan
interaksi antara keduanya. Hal ini juga dapat terjadi sebagai akibat dari
sifat manusia dan kemampuan kita untuk belajar dari lingkungan kita.
Ada berbagai definisi dari periode perkembangan
anak, karena setiap periode adalah kontinum dengan perbedaan individu mengenai
awal dan akhir.
Beberapa periode perkembangan yang berkaitan dengan
usia dan contoh interval didefinisikan adalah: bayi baru lahir (usia
0-4 minggu) bayi (usia 4 minggu - 1 tahun) ; balita (usia
1-3 tahun); anak prasekolah (usia 4-6 tahun); usia sekolah
anak(usia 6-13 tahun); remaja (usia 13-19). Namun, organisasi
seperti Zero to Three dan Asosiasi Dunia untuk Bayi Kesehatan Mental
menggunakan istilah bayi sebagai kategori yang luas, termasuk anak-anak dari
lahir sampai usia 3 tahun.
Memicu perkembangan anak melalui
pelatihan orangtua, antara lain faktor, mempromosikan tingkat yang sangat baik
dari perkembangan anak. Orang tua memainkan peran besar dalam kehidupan
anak, sosialisasi, dan pengembangan. Memiliki beberapa orang tua dapat
menambahkan stabilitas kehidupan anak dan karena itu mendorong perkembangan
yang sehat. Faktor lain yang berpengaruh dalam
perkembangan anak adalah kualitas pelayanan mereka. Program penitipan anak
menyajikan kesempatan penting untuk promosi perkembangan anak.Perkembangan
optimal anak dianggap penting untuk masyarakat dan sehingga sangat penting
untuk memahami perkembangan sosial, kognitif, emosional, dan pendidikan
anak-anak. Peningkatan penelitian dan minat dalam bidang ini telah
menghasilkan teori-teori dan strategi baru, dengan memperhatikan khusus untuk
berlatih yang mempromosikan perkembangan dalam sistem sekolah. Selain itu
ada juga beberapa teori yang berusaha untuk menggambarkan urutan negara yang
membentuk perkembangan anak.
Semoga bermanfaat
Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_anak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar